Selasa, 10 Juni 2014

Kota Batik di Indonesia

Kota Pekalongan terletak di pesisir utara Jawa Tengah. Para Pengrajin di kota batik ini sangat inovatif dalam pengembangan produksi dan desain baju batik modern. Baju batik Pekalongan menggunakan warna cerah dan model alam seperti burung berwarna merah dan biru atau bunga-bunga di atas kain berwarna putih. Batik ini memiliki tekstur dan desain yang lembut. Di kota Pekalongan, terdapat banyak sekali pabrik baju batik yang dapat dikunjungi bila ingin melihat bagaimana proses pembuatan batik.
Dari kota Pekalongan kita menuju kota Cirebon yang terletak di sebelah barat kota Pekalongan. Kota ini berada di pesisir utara Jawa Barat. Batik Cirebon dikenal sebagai Kencana Ungu, yang dibuat diatas kain tenun terbaik. Di kota Cirebon ini, populasi etnis Cina cukup dominan sehingga motif baju batik Cirebon terpengaruh oleh budaya Cina. Sebab itu, bisa diketemukan motif harimau, naga, gajah, dan singa. Seperti juga lukisan khas Cina, di batik Cirebon dapat ditemukan motif awan dan gunung bebatuan.

Selain batik Pekalongan dan batik Cirebon, baju batik lain yang terkenal adalah baju batik Madura. Motif batik madura memiliki karakter motif yang kaya dan beragam, seperti gambar bunga atau burung, dengan sedikit sentuhan seni Cina. Warna batik Madura adalah warna merah mengkudu, merah kecoklatan, atau warna warna indigo yang menggambarkan motif naga bersayap, kuda terbang, dan hewan hewan lainnya. Pengaruh mata pencaharian orang Madura, yaitu nelayan, juga tampak dari ornamen yang digambar pada kain batik seperti hewan-hewan laut. Batik Madura banyak dipengaruhi oleh budaya Cina dan budaya kerajaan Mataram yang pernah menguasai pulau garam ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar